Menjaga Etika Berkomunikasi Dalam Islam – infoislami.co.id

Menjaga Etika Berkomunikasi Dalam Islam

Etika dalam pandangan Islam Dede Iskandar
Etika dalam pandangan Islam Dede Iskandar from sdedeiskandar.blogspot.com

Menyambut Era Digital dalam Berkomunikasi

Dalam era digital seperti sekarang ini, komunikasi menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sebagai umat Islam, kita juga harus menjaga etika berkomunikasi yang sesuai dengan ajaran agama kita. Etika berkomunikasi dalam Islam sangatlah penting untuk menjaga hubungan baik antar individu dan juga menjaga keharmonisan dalam masyarakat.

Pentingnya Berkomunikasi dengan Santun

Salah satu prinsip utama dalam etika berkomunikasi dalam Islam adalah berkomunikasi dengan santun. Sebagai muslim, kita diajarkan untuk selalu berbicara dengan kata-kata yang baik dan tidak menyakiti perasaan orang lain. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman, “Dan ucapkanlah kepada hamba-hamba-Ku bahwa mereka hendaknya mengucapkan perkataan yang lebih baik. Sesungguhnya setan itu menimbulkan permusuhan di antara mereka.” (QS. Al-Isra’ [17]: 53)

Menghindari Gossip dan Fitnah

Selain berkomunikasi dengan santun, sebagai muslim kita juga harus menghindari gossip dan fitnah. Gossip dan fitnah merupakan perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam karena dapat merusak hubungan antar sesama muslim dan menciptakan permusuhan di antara mereka. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak masuk surga orang yang suka menyebarkan aib orang lain.” (HR. Muslim)

Berempati dan Mendengarkan dengan Baik

Selain itu, etika berkomunikasi dalam Islam juga mengajarkan kita untuk berempati dan mendengarkan dengan baik. Saat berkomunikasi, kita harus mampu memahami perasaan dan pikiran orang lain, serta memberikan perhatian penuh saat orang lain berbicara. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman, “Dan apabila orang-orang yang beriman bertemu dengan orang-orang yang berbuat main-main (mengejek), mereka lalu melewati mereka dengan sikap yang mulia.” (QS. Al-Furqan [25]: 72)

Mengaplikasikan Etika Berkomunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Untuk mengaplikasikan etika berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan. Pertama, kita harus selalu berbicara dengan kata-kata yang baik dan tidak menyakiti perasaan orang lain. Kita juga harus menghindari gossip dan fitnah serta berusaha untuk mendengarkan dengan baik saat orang lain berbicara.

Kedua, kita juga harus berusaha untuk selalu memberikan manfaat dalam setiap komunikasi yang kita lakukan. Misalnya, saat berbicara dengan teman atau keluarga, kita dapat memberikan nasihat yang baik dan bermanfaat bagi mereka. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman, “Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku agar mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik. Sesungguhnya setan itu menimbulkan permusuhan di antara mereka. Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia.” (QS. Al-Isra’ [17]: 53)

Ketiga, kita juga harus selalu menjaga kejujuran dalam setiap komunikasi yang kita lakukan. Jangan pernah berbohong atau menyembunyikan informasi yang penting. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya kejujuran membawa kepada kebaikan dan kebaikan membawa kepada surga.” (HR. Muslim)

Kesimpulan

Menjaga etika berkomunikasi dalam Islam merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menjaga etika berkomunikasi yang baik, kita dapat menjaga hubungan yang harmonis dengan sesama muslim dan menciptakan lingkungan yang penuh dengan kedamaian. Oleh karena itu, mari kita terapkan etika berkomunikasi dalam kehidupan kita sehari-hari dan menjadi muslim yang lebih baik.

Tinggalkan komentar