Agustus, Bulan Produktif bagi santri Rumah Qur’an UIN Jakarta

RQ UIN Jakarta infoislami - Tangerang - Rumah Qur'an Indonesia adalah suatu lembaga untuk para penghafal Qur'an, yang didirikan Ustadz Fadlyl Utsman Baharun pada tahun 2004. Sebelum terkenal dengan nama Rumah Qur'an Indonesia, lembaga ini dikenal dengan nama Rumah Qur'an Darut Tarbiyah. Pada awalnya Rumah Qur'an Indonesia yang pertama, berada di Pasar Minggu, namun seiring perkembangannya rumah qur'an memiliki banyak cabang diantaranya di Depok (UI), Bandung (ITB), Bogor (IPB), Tangerang (UIN Jakarta), Jakarta (STAN, STIS, LIPIA, Pasar Minggu, Al-Hikmah, UIJ), Palembang, dan Bekasi.

Rumah Qur'an Depok sendiri menjadi pusat Rumah Qur'an Indonesia. beberapa program yang ditawarkan oleh Rumah Qur'an pusat adalah program menghafal untuk tingkat SMP, SMA, Mahasiswa, Takhosus. Untuk kegiatan sehari-harinya ada tilawah jama'i, shalat berjam'ah, piket, target setoran hafalan, dll. Program-program tersebut wajib diikuti oleh seluruh cabang RQ, namun pelaksanaannya disesuaikan dengan  masing-masing cabang RQ. misalnya Rumah Qur'an UIN Jakarta yang saat ini terdiri dari 19 orang santri dan satu orang musyrifah.

Rumah Qur'an UIN Jakarta sudah mulai efektif kembali bulan Agustus 2015, dimana santri-santrinya masih dalam keadaan libur kuliah. Selama bulan Agustus ini para santri RQ UIN Jakarta mengisi waktu liburan dengan kegiatan yang produktif, yaitu tilawah jama'ah, hafalan min. setengah halaman, tasmi' setengah juz per pekan, kultum setiap sabtu, jam efektif (19.00-21.30), tahsin, al ma'tsurot, shalat berjama'ah, infaq shubuh, QL jama'i, muroja'ah perpasangan.

Harapannya para santri RQ dapat menjalankan program yang sudah dicanangkan, istiqomah, pandai menjaga waktu, dan mengamalkan 9 sifat muslim lainnya. (sn/infoislami)

author
No Response

Leave a reply "Agustus, Bulan Produktif bagi santri Rumah Qur’an UIN Jakarta"