Bagaimana cara menghadapi kritikan?

criticinfoislami - Bagaimana cara menghadapi kritikan?

Pertanyaa:
Saya pria N usia 28 tahun, dalam pekerjaan dan keseharian sering menerima saran dan kritik dengan cara baik maupun kasar bagaimana cara terbaik untuk menghadapi kritikan? Dan bagaimana agar kritikan bisa punya dampak positif bagi diri kita?

Jawaban:
Terimakasih kepada bapak N atas pertanyaannya, saran dan kritik pasti akan di temui semua orang dalam kesehariannya baik dalam pekerjaan maupun dalam lingkungan kerja. Kritikan bisa dipandang secara positif maupun negatif, agar kritikan bisa menjadi positif pandanglah sebagai kebutuhan bagi kita untuk terus memperbaiki dan mengembangkan diri. Ada beberapa tips dan trik agar bisa menghadapi dan menjadikan kritikan dan saran menjadi sesuatu yang positif:
1. Kritik ibarat pupuk bagi perbaikan diri
Jadikanlah kritikan bagi diri kita adalah pupuk untuk terus melakukan perbaikan diri. Manusia tidak akan bisa sempurna tetapi terus untuk berusaha menjadi yang terbaik dengan adanya masukan dan kritikan dari orang lain maka akan menjadikan diri kita tahu tentang apa saja kekurang yang harus diperbaiki, yang akan membuat diri menjadi terus lebih baik.
2. Dengarkan setiap kritikan dengan baik
Saat ada kritikan terhadap diri kita dengarkan dengan baik, aspek apa saja yang disebutkan dalam kritikan tersebut. Perjelas hal yang tidak jelas dari apa yang disampaikan orang tersebut.
3. Fokus pada pesan bukan cara penyampaian
Saat kritikan di berikan orang lain kepada kita, fokuslah pada pesan yang disampaikan oleh orang tersebut buka cara menyampaikan. Saat menyampaikan kritik orang berbeda dalam cara penyampaiannya sehingga kadang tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Saat seperti itu fokus lah pesan yang ingin diberikan orang tersebut.

4. Jangan buru-buru menanggapi kritik apalagi dengan emosi.
Ketika kritik disampaikan jangan buru-buru menanggapinya, dengarkan sampai selesai setelah selesai hal-hal yang perlu di tanggapi silahkan disampaikan. Cara dalam menyampaikan tanggapan juga hindari dengan emosi dan sikap yang kasar.
5. Ucapkan lah terimakasih atas kritikan dan masukan orang lain
Berikanlah ucapan terimakasih atas kritikan tersebut. Dengan adanya kritikan dan saran kita bisa mengetahui apa saja yang bisa diperbaiki dari diri kita dan membuat kita lebih mengenal diri dengan lebih baik
6. Kebenaran hanya milik Allah maka meminta lah kepada Nya
Apapun yang disampaikan orang dan kita usahakan untuk diperbaiki tetapi kebenaran datang hanya dari Allah SWT. Berharaplah kepada Allah agar terus memberikan hidayah dan bimbingannya kepada kita semua.
Demikianlah beberapa tips dan trik dalam menghadapi kritikan dan masukan untuk diri kita, semoga bisa bermanfaat bagi saudara N dan pembaca sekalian.

Ahmad Setiabudi,  S.Psi, M.Si

Ahmad Setiabudi, S.Psi, M.Si

 

No Response

Leave a reply "Bagaimana cara menghadapi kritikan?"