Bagaimana Mengatasi Anak Yang Penakut?

No comment 112 views

InfoIslami - Bagaimana Mengatasi Anak Yang Penakut?

Pertanyaan: Pak saya  ingin bertanya, anak saya laki laki umur 9 tahun  dia penakut, jadi mau kekamar mandi, mau kemana-mana, minta diantar miski itu di dalam rumah, dan tidak mau berkomunkasi dengan orang lain kecuali saudara/ ortunya sehingga dengan gurunya dia tak mau berbicara, gimana cara menjadikan ia pemberani dan mau berbicara kepada orang lain, sekian trimakasih.

Anda

Jakarta

 

Jawaban.

 

Kita harus melihat kemungkinan penyebab anak menjadi penakut, seperti kejadian masa lalu yang traumatis sehingga anak menjadi penakut. Dari penyebabnya dan melihat derajat ketakutannya bisa coba dimulai untuk membantu anak untuk membantu rasa takutnya.

Dari persoalan yang yang anak ibu hadapi ada dua hal yang terungkap yaitu takut untuk kekamar mandi dan takut untuk bicara dengan orang lain. Orang tua bisa mencoba membantu mengurangi ketakutan anak dengan memberikan pemahaman kepada anak, mengajak untuk belajar berpikir positif dengan membacakan cerita dan sejarah masa lalu, dan ajak anak untuk ketempat yang memungkinkan untuk ketemu dan berbicara dengan orang lain. Teman sepermainan yang aktif dan bisa diajak bicara akan membantu anak dalam melatih keberanian dalam berbicara.

Demikian jawaban singkat, semoga bermanfaat.

Ahmat Setiabudi, S.Psi, M.Si

Ahmat Setiabudi, S.Psi, M.Si

author
No Response

Leave a reply "Bagaimana Mengatasi Anak Yang Penakut?"