Bagaimana mengenal diri sendiri dan punya konsep diri yang positif?

diriinfoislami - Bagaimana mengenal diri sendiri dan punya konsep diri yang positif? 

Pertanyaan:

Saya pegawai swasta punya masalah dalam mengenal konsep diri, bagaimana saya bisa mengembangkan konsep diri yang lebih positif?
IA 23 Tahun
Jawaban:

Saudara IA, semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya kepada anda dan kita semua para pengunjung setia infoislami.

Self-Concept (Konsep Diri) merupakan Pandangan individu tentang dirinya, meliputi gambaran tentang diri dan kepribadian yang diinginkan, yang diperolehmelalui pengalaman dan interaksi yang mencakup aspek fisikatau psikologis. Menurut Calhoun dan Acocella (1990) menjelaskan bahwa konsep diri terdiri atas tiga dimensi yang meliputi:

1. Pengetahuan terhadap diri sendiri (Aku Diri)
Aku yang seperti aku pahami. Setiap individu mempresepsi dirinya sesuai dengan kehendaknya, setiap individu memiliki pemahaman tentang dirinya berdasarkan siapa dan apa dirinya. Usia, jenis kelamin, kebangsaan, suku pekerjaan dan lain-lain, yang kemudian menjadi daftar julukan yang menempatkan seseorang ke dalam kelompok sosial, kelompok umur, kelompok suku bangsa maupun kelompok-kelompok tertentu lainnya.

2. Penilaian tentang diri sendiri (Aku Sosial).
Aku yang dipahami oleh orang lain yang ada disekitar aku. Cara orang lain memahami diri sendiri, turut mempengaruhi dan membentuk persepsi individu tentang dirinya. Penilaian dan evaluasi antara pengharapan mengenai diri seseorang dengan standar dirinya yang akan menghasilkan harga diri yang berarti seberapa besar orang menyukai dirinya sendiri.
3. Pengharapan mengenai diri sendiri (Aku Ideal).

Aku yang aku inginkan. Gambaran seseorang mengenai penampilan dan kepribadian yang didambakannya. Pandangan tentang kemungkinan yang diinginkan terjadi pada diri seseorang di masa depan. Pengharapan ini merupakan diri ideal.
Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengenal diri lebih baik yaitu:

1. Menghargai dan mengapresiasi diri sendiri
Diri kita adalah unik, yang telah di ciptakan Allah dengan berbagai macam kelebihan dan kekurangan. Menghargai dan mengapresiasi diri sendiri berarti kita mensyukuri apa yang telah Allah berikan kepada kita. Hargailah diri sendiri dengan menghindari hal-hal yang bisa merusak diri sendiri baik pikiran, fisik, maupun emosi.

2. Mengembangkan pikiran positif
Cara berpikir kita mengendalikan sikap, tindakan dan hidup kita. Pikiran positif akan mendorong kita untuk tetap optimis, pantang menyerah, dan barani menghadai resiko dan tantangan. Selain itu pikiran positif juga akan menjadikan hidup kita lebih tenang. Pikiran positif menjadi hal yang penting untuk punya pikiran positif

3. Memperbaiki kualitas hubungan dengan orang lain
Dalam menjalin hubungan dengan orang lain, kita harus senantiasa meningkatkan kualitas hubungan tersebut. Perlu di ingat juga kualitas pergaulan juga sangat di tentukan dengan siapa kita bergaul. Untuk itu pintar-pintarlah kita memilih pergaulan, karena salah bergaul akan memberikan pengaruh negatif buat diri kita. Dari itu bergaulan dengan orang yang memiliki kecerdasan dan perilaku yang baik. Selain itu perbaiki juga hubungan kita dengan orang-orang terdekat kita dan hindarilah pertentangan.

4. Bersikap proaktif dan inisiatif
Proaktif merupakan suatu hal yang penting, karena merupakan sikap inisiatif dalam mengerjakan berbagai hal sehingga bisa membentuk konsep diri yang lebih positif. Inisiatif juga menjadikan kita lebih cepat merespon berbagai hal sehingga masalah yang kita hadapi lebih cepat bisa diselesaikan.

5. Menjaga keseimbangan hidup
Hidup itu harus penuh dengan keseimbangan, tidak bisa rasanya kita hanya mementingkan salah satu faktor tertentu dalam hidup. Kita harus tahu betul bagaimana menjalani setiap aktivitas dalam kehidupan. Jangan sampai kita memporsikan satu kegiatan secara berlebihan. Untuk mencapai keseimbanga ini, sebainya kita menyusun sebuah agenda kegiatan dan skala proritas sehingga kita benar-benar bisa melakukan suatu hal sesuai dengan kebutuhan yang ada, tidak berlebihan dan seimbang.

6. Melibatkan Allah dalam segala hal
Allah yang meciptakan kita dan lebih mengenal diri kita sehingga, berdo’alah selalu agar kita bisa mengenal diri sendiri lebih baik dan bisa terus melakukan perbaikan pada diri sendiri.
Semoga tetap sukses dan bisa terus mengenal diri dan mengembangkan konsep diri yang lebih positif.

Ahmat Setiabudi, S.Psi, M.Psi

Ahmat Setiabudi, S.Psi, M.Si

No Response

Leave a reply "Bagaimana mengenal diri sendiri dan punya konsep diri yang positif?"