Bagaimana Meningkatkan Kepercayaan Diri Saat Menghadapi Orang Lain?

pdinfoislami - Bagaimana Meningkatkan Kepercayaan Diri Saat Menghadapi Orang Lain?

Pertanyaan:

Saya pria usia 24 tahun punya masalah dalam kepercayaan diri, bagaimana agar saya bisa meningkatkan kepercayaan diri ketika menghadapi orang lain? Apa tip dan trik nya untuk meningkatkan kepercayaan diri?

Andi di Jakarta

Jawaban:

Saudara Andi diJakarta, semoga Allah Swt. selalu membimbing anda...

Kepercayaan diri adalah sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya. Rasa percaya diri yang tinggi sebenarnya hanya merujuk pada adanya beberapa aspek dari kehidupan individu tersebut dimana ia merasa memiliki kompetensi, yakin, mampu dan percaya bahwa dia bisa - karena didukung oleh pengalaman, potensi aktual, prestasi serta harapan yang realistik terhadap diri sendiri. Untuk menumnuhkan rasa percaya diri bisa dilakukan dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut:

Pertama: Lakukan evaluasi diri secara obyektif.

Belajarlah melakukan evaluasi diri secara obyektif, buat daftar kemampuan dan prestasi diri yang sudah dicapai, sifat-sifat positif, keahlian yang dimiliki, serta aset-aset kelebihan yang dimiliki. Sadari kelebihan dan kembangkan dengan baik.

Kedua: Beri penghargaan yang jujur terhadap diri.

Memberi apresiasi terhadap pencapaianan diri merupakan hal yang bisa meningkatkan rasa percaya diri. Hargailah sekecil apapun pencapaian diri yang telah dilakukan. Mengabaikan dan tidak menghargai pencapaian selama ini lahir dari rasa rendah diri yang ditutupi.

Ketiga: Berpikir positif.

Berusahalah untuk selalu berpikir positif dan merasa bahwa diri sendiri mempunyai kemampuan. Jangan biarkan pikiran negatif berlarut-larut karena tanpa sadar pikiran itu akan terus berakar, bercabang dan berdaun. Semakin besar dan menyebar, makin sulit dikendalikan dan dipotong.Jangan biarkan pikiran negatif menguasai pikiran dan perasaan Anda. Hati-hatilah agar masa depan Anda tidak rusak karena keputusan keliru yang dihasilkan oleh pikiran keliru. Jika pikiran itu muncul, cobalah menuliskannya untuk kemudian di re-view kembali secara logis dan rasional. Pada umumnya, orang lebih bisa melihat bahwa pikiran itu ternyata tidak benar.

Keempat: Gunakan Afirmasi positif

Untuk memerangi negative thinking, gunakan self-affirmation yaitu berupa kata-kata yang membangkitkan rasa percaya diri. Contohnya:

  • Saya pasti bisa !!
  • Saya adalah penentu dari hidup saya sendiri. Tidak ada orang yang boleh menentukan hidup saya !
  • Saya bisa belajar dari kesalahan ini. Kesalahan ini sungguh menjadi pelajaran yang sangat berharga karena membantu saya memahami tantangan

Semoga sukses.

Ahmat Setiabudi, S.Psi, M.Si

 

 

 

No Response

Leave a reply "Bagaimana Meningkatkan Kepercayaan Diri Saat Menghadapi Orang Lain?"