Bagaimana meningkatkan prestasi di sekolah?

infoislami - Bagaimana meningkatkan prestasi di sekolah?

Pertanyaan:

Saya seorang pelajar di sebuah sekolah menengah atas, saya mempunyai masalah dengan prestasi belajar, bagaimana cara agar saya bisa meningkatkan prestasi di sekolah ?

AB 16 Tahun.

Jawaban

AB yang di rahmati Allah SWT, prestasi merupakan hasil usaha belajar yang dilakukan oleh seseorang. Tiap orang tentu menginginkan prestasi nya semakin baik dan tinggi. Dengan usaha yang optimal diharapkan agar prestasi seseorang bisa semakin baik. Sebagai seorang pelajar AB harus meningkatkan performa dalam belajar agar prestasinya semakin baik, tentu hal ini akan membahagiakan diri sendiri, orang lain dan keluarga. Ada beberapa sikap yang harus dimiliki oleh seseorang yang menginginkan prestasi yang baik. Terkait dengan sikap untuk meningkatkan prestasi belajar adalah sebagai berikut:

a. Berorientasi pada masa depan dan cita-cita
Cita-cita dan masa depan harus jadi orientasi bagi yang ingin meningkatkan prestasinya. Berorientasi pada masa depan dan cita-cita akan membuat orang akan semakin termotivasi dalam mencapainya. Menjadi fokus apa yang diinginkan dan bagaimana waktunya akan dihabiskan sehingga bisa mencapai apa yang diinginkan.

b. Berorientasi pada keberhasilan.
Keberhasilan merupakan hal yang paling diinginkan seseorang tetapi kadang seseorang tidak bisa fokus terhadap keberhasilan yang diinginkan. Dengan adanya orientasi yang kuat terhadap keberhasilan yang diinginkan maka prestasi akan semakin meningkat.

c. Berani mengambil atau menghadapi
Resiko dalam perjalanan mencapai prestasi pasti selalu ada. Keberanian dalam mengambil resiko juga merupakan suatu syarat dalam mencapai sebuah prestasi. Resiko yang diambil harus terukur agar bisa menghadapi segala resiko yang akan terjadi.

d. Rasa tanggung jawab yang besar.
Tanggung jawab merupakan sikap orang-orang yang berprestasi, dimana bagi orang yang mau mengambil tanggung jawab yang besar maka akan mendapatkan prestasi yang besar juga. Tanggung jawab merupakan hal yang harus dimiliki bagi yang menginginkan prestasi yang tinggi.


belajare. Menerima dan menggunakan kritik sebagai umpan balik

Kritik dan sarang merupakan pupuk  yang subur untuk terus memperbaiki dan meningkatkan prestasi kita. Gunakan lah kritik dan saran tersebut untuk memperbaiki diri sendiri dan orang lain.

f. Memiliki sikap kreatif, dan inovatif, serta mampu memanajemen waktu dengan baik.
Mempunyai kreatifitas dan inovasi menjadi sikap yang harus juga dimiliki bagi yang menginginkan prestasi yang tinggi. Ditambah dengan manajemen waktu yang baik akan menjadi nilai tambah untuk meningkatkan prestasi yang tinggi.

g. Berdo’a kepada Allah
Segala yang ada tidak terlepas dari takdir yang Allah tentukan. Dengan berdo’a kepada Allah berharap dikabulkan apa yang diinginkan sehingga apa yang kita lakukan mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Demikianlah beberapa sikap yang perlu dimiliki untuk meningkatkan prestasi kita semoga bermanfaat untuk AB dan kita semual. Allahualam Bisshawab.

Ahmat Setiabudi, S.Psi, M.Si

Ahmat Setiabudi, S.Psi, M.Si

No Response

Leave a reply "Bagaimana meningkatkan prestasi di sekolah?"