Bayi Sering Gumoh, Bahayakah?

No comment 605 views

bayi gumohinfoislami - Bayi Sering Gumoh, Bahayakah?

Pertanyaan:

Dokter, saya punya bayi. Saat ini bayi saya sering kali gumoh terutama setelah menyusu. Apakah hal tersebut berbahaya bagi bayi saya?

Jawaban:

Gumoh atau keluarnya sedikit susu setelah bayi minum merupakan sesuatu yang normal. Penyebabnya antara lain karena ia kekenyangan atau mungkin menelan terlalu banyak udara.

Jika Si Kecil menggunakan botol susu (meski penggunaan botol susu tidak dianjurkan), jangan biarkan ia tetap meminum dari botol yang hampir kosong. Ini agar di lambung Si Kecil tidak terlalu banyak udara. Bila bayi Anda sejak awal memang sering muntah dan jumlahnya banyak, kemungkinan ia mengalami gangguan saluran cerna yang disebut Reflux Gastro Esophagea (RGE).

 

RGE terjadi karena organ dan saluran katup antara kerongkongan dan lambung belum berfungsi sempurna. Gangguan ini biasanya mereda setelah usia bayi 6 bulan. Kalau pertumbuhan Si Kecil mengalami kemunduran yang signifikan, berkonsultasilah ke dokter.

 

Bila ada yg kurang, bisa didiskusikan kembali atau klik konsultasi

Salam

Rubrik Dokter Menjawab ini diasuh oleh dokter Mayang, berikut profile beliau:

dr. Mayangdr. Oktafiani Mayang Suri merupakan lulusan FK Universitas Pembangunan Nasional Jakarta. Pernah bertugas sebagai dokter PTT Kemenkes di daerah sangat terpencil di Aralle, Mamasa, Sulawesi Barat dan menjadi  dokter penanggung jawab poliklinik di BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan) DKI 1.

Saat ini aktif sebagai dokter umum dan kepala cabang dari salah satu klinik. Bisa di hubungi melalui email : syahidah_mayang@yahoo.com dengan format: dokter Mayang di infoislami.co.id, dst...

author
No Response

Leave a reply "Bayi Sering Gumoh, Bahayakah?"