Cara Manajemen Waktu

No comment 540 views

Time Managementinfoislami - Bagaimana Memanaj Waktu? 

Pertanyaan:

Saya TR Usia 25 Tahun, pegawai disebuah perusahaan swasta, mempunyai masalah dengan pengaturan waktu, bagaimana cara manajemen waktu yang efektif agar bisa optimal dalam menggunakan waktu dan melaksanakan tugas yang ada?

Jawaban

Terimakasih atas pertanyaan yang diberikan. Pada dasarnya setiap manusia sudah dibekali waktu gunakanlah dengan sebaik-baiknya. Untuk mengoptimalkan waktu kita dalam berbagai kegiatan dan profesi ada beberapa hal yang perlu kita lakukan yaitu:

  1. Buat lah sebuah Perencanaan dengan baik

Membuat sebuah perencanaan dengan baik akan membantu dalam manajemen waktu, apa saja yang ingin dicapai baik dalam jangka panjang maupun pendek.

  1. daftar hal-hal yang harus anda lakukan (to-do lists)

Buatlah daftar yang harus anda lakukan hari itu. To-do lists yang baik dan efisien haruslah mencakup tugas-tugas dan kegiatan anda saat ini serta tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Untuk setiap item dalam daftar, anda harus menentukan kapan dan berapa banyak waktu yang anda butuhkan untuk menyelesaikannya.

  1. Buat rencana SMART (Specific-Measureable-Achievable-Reasonable-Timeline)

Rencana yang terukur akan membantu dalam pencapaian target dan agenda yang ingin dilakukan. Sekaligus membantu dalam mengefektifkan waktu yang tersedia dengan capaian yang ingin dicapai. Lakukanlah hal yang penting sehingga waktu bisa optimal penggunaannya.

  1. Belajarlah untuk mengatur skala prioritas

Anda harus belajar bagaimana secara efisien mengatur prioritas-prioritas anda. Tugas yang paling penting harus berada di peringkat lebih tinggi dalam daftar. Cobalah untuk menerapkan prinsip Pareto di mana 80 % dari prestasi anda dihasilkan dengan melakukan 20 % usaha anda. Dengan kata lain, cobalah untuk bekerja cerdas dan sederhana.

  1. Lakukan delegasi dengan baik.

Lakukan delegasi dengan baik agar pekerjaan bisa selesai dengan optimal. Delegasi salah satu cara untuk membagi pekerjaan ke orang lain dan kita bisa mengerjakan sesuatu yang kita anggap paling penting.

  1. Katakan “Tidak”

Tidak semua hal bisa kita lakukan sehingga katakan Tidak apabila kita memang tidak bisa melakukan atau saat kita melakukan sesuatu yang benar-benar penting ada hal lain yang menginterupsi. Kita bisa menolaknya secara halus dan baik.

  1. Bagi tugas besar menjadi lebih kecil

Teknik lain yang akan membantu anda dalam manajemen waktu adalah dengan memecah tugas-tugas panjang yang biasanya anda tidak ingin melakukannya atau terlalu sulit menjadi beberapa kegiatan yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola.

  1. Jangan menunda pekerjaan

Jangan pernah menunda sesuatu yang bisa kita lakukan segera. Penundaan hanya akan membuat kita semakin stress dan tidak optimal dalam melaksanakan tugas yang dilakukan.

  1. Selalu rencanakan waktu untuk kegiatan tak terduga

Alokasikan waktu untuk hal-hal yang tidak terduga, sehingga apabila ada sesuatu yang perlu kita lakukan dalam hal yang tidak terduga tersebut kita mempunyai waktu dalam melaksanakannya.

  1. Banyak lah berdo’a kepada Allah

Setiap manusia diberikan waktu oleh Allah SWT. Agar waktu yang diberikan produktif dan berkah lakukanlah hal-hal yang diperintahkan Allah dan jangan menggunakan waktu untuk sesuatu yang dilarang, sehingga sisa waktu yang kita punya bisa lebih produktif.

Hal ini yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan waktu. Ada cara lain selain hal tersebut diatas yang bisa ditambahkan yang pada intinya adalah kita harus mengoptimalkan penggunaan waktu kita. Semoga bermaanfaat.

Ahmad Setiabudi

No Response

Leave a reply "Cara Manajemen Waktu"