Hati hati bagi anda yang hobi nonton bola

No comment 1012 views

Screen Shot 2015-04-30 at 9.47.22 PMSaat ini  lagi rame-ramenya piala Champion apalagi yang suka nonton di televisi . Jangan sampai kesukaan ini membuat lupa terhadap kesehatan. Seperti yang telah diketahui bersama, menonton televisi memiliki beberapa dampak buruk jika dilakukan dengan kebiasaan yang buruk pula. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang sering kali dilakukan saat menonton televisi, khususnya saat menonton pertandingan bola.
1. Duduk Terlalu Lama


Posisi nyaman menonton televisi memang dengan duduk, tetapi hal ini tidak baik jika dilakukan dalam waktu yang lama dan terus-menerus. Keadaan di mana otot-otot tidak aktif yaitu pada saat seseorang duduk lama dalam posisi tidak berbaring diduga dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk sesekali berjalan dan stretching ketika duduk lama.

2.Mendekat ke Televisi

Tidak puas dengan apa yang terlihat dari jarak aman menonton televisi, banyak orang yang memilih untuk mendekat ke televisi. Padahal sinar yang dipancarkan televisi membuat otot-otot mata berusaha lebih keras untuk menyerapnya yang berakibat pada berkurangnya kemampuan melihat seseorang.

3. Menonton Dalam Gelap

Gambar tampilan di televisi memang terlihat lebih jelas dan menarik ketika keadaan ruangan gelap. Namun sinar dan warna-warna yang ditangkap mata juga menjadi lebih tajam karena tidak ada sinar di sekelilingnya yang membuat tampilan tidak terlalu kontras. Hal ini tidak baik untuk mata karena mata memiliki batas kemampuan tertentu.

4. Menonton Sambil Tiduran

Capek menonton televisi sambil duduk, maka posisi tiduran pun dipilih untuk menonton televisi. Selain tidak baik untuk otot-otot tubuh, posisi ini juga tidak baik untuk mata Anda. Keadaan ini membuat kelengkungan permukaan kornea atau lensa mata tidak rata, penyebab gangguan mata silinder atau astigmatisma.

5. Melahap Camilan

Menonton televisi dalam diam rasanya memang tidak enak, banyak orang menyertainya dengan melahap berbagai camilan sebagai teman menonton televisi. Sebenarnya kebiasaan ini baik-baik saja asal camilannya sehat dan tidak dikonsumsi berlebihan. Buruknya, melahap camilan saat menonton televisi membuat orang tidak perhatian untuk membatasi banyak camilan yang dilahap.

 

Dan yang terpenting dari hal di atas adalah, menonton jangan sampai membuat kita melalaikan kewajiban kita kepada Allah SWT.  Sekedar untuk menonton bola kita berani berkorban, namun untuk menunaikan kewajiban justru terlalu banyak alasan. ( Infoislami/Her/Kk)

author
No Response

Leave a reply "Hati hati bagi anda yang hobi nonton bola"