Hubungan Keberkahan dengan Bertambahnya Sesuatu (3)

bungaInfoislami - Sebagian ulama berkata, “Sesungguhnya tambah usia yang sebenarnya ialah dengan bertambahnya keberkahan di dalamnya dan taufik untuk melakukan berbagai macam kebaikan serta sampai kepada tujuan, dan dengan usia yang pendek tersebut dia dapat mencapai apa yang baru bisa dicapai oleh lainnya dalam waktu yang panjang.

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim di dalam Shahihnya dari hadits Hakim bin Hizam Radhiyallahu Anhu berkata,

“Aku pernah meminta sesuatu kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam lalu beliau memberiku. Kemudian aku meminta lagi, maka Beliau pun memberiku kembali. Kemudian aku meminta lagi, maka beliau pun masih memberiku lagi seraya beliau bersabda,

Wahai Hakim, sesungguhnya harta itu hijau lagi manis, maka barangsiapa yang mencarinya untuk kedermawanan dirinya maka harta itu akan memberkahinya. Namun barangsiapa yang mencarinya untuk keserakahan maka harta itu tidak akan memberkahinya, seperti orang yang makan namun tidak kenyang.

Ibnu Hajar berkata,

“Bahwa mayoritas manusia tidak memahami keberadaan berkah, kecuali pada harta yang semakin bertambah banyak. Maka beliau Shallallahu Alaihi wa Sallam menjelaskan dengan permisalan itu, bahwa berkah merupakan salah satu makhluk Allah, dan membawakan permisalan yang telah akrab dengan manusia.

Karena orang yang makan tidak lain hanyalah untuk mendapatkan rasa kenyang, dan jika dia makan namun tidak juga merasa kenyang maka baginya hal itu tidak berguna.

Demikian juga halnya dengan harta menjadi tidak berguna baginya, hal itu bisa menjadi berguna jika dia telah mendapatkan manfaat darinya, adapun jika dia tidak mendapatkannya maka sama saja keberadaan hal tersebut seperti ketiadaannya.”

Di antara yang menguatkan perkataan Ibnu Hajar, yaitu sebuah kisah dari Anas bin Malik yang telah lalu di singgung, bahwasanya tatkala Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam mendoakannya agar memiliki harta dan anak yang banyak namun beliau tidak hanya berhenti sampai situ saja, tetapi beliau juga mendoakan keberkahan padanya.

Faidah yang dapat kita ambil dari pembahasan ini yaitu:

1. Mencari hal-hal yang memiliki berkah dan lebih mengutamakannya dari selainnya.

2. Jika harus memilih di antara sekian banyak pilihan, maka hendaknya lebih mengutamakan suatu pilihan yang terdapat dalil yang menunjukkan bahwasanya hal itu termasuk suatu yang memiliki berkah.

Bahwasanya sesuatu yang sedikit namun berkah adalah lebih baik dari pada sesuatu yang banyak namun tidak ada keberkahan di dalamnya. (Dr. Amin bin Abdullah Asy-Syaqawi)

author
No Response

Leave a reply "Hubungan Keberkahan dengan Bertambahnya Sesuatu (3)"