Ibnu Shayyad Adalah Dajjal? (3)

No comment 521 views
Pohon kurma (blogspot)

Pohon kurma (blogspot)

Infoislami - Lantas kami dibawakan seekor kambing, lalu ia mengambil mangkok besar berisi susu kambing tersebut seraya berkata, “Minumlah, wahai Abu Sa’id.”

Saya (Abu Sa’id) katakan, “Sesungguhnya hari amat panas, dan susu itu juga panas.”

Saya berkata demikian hanyalah karena tidak suka meminum sesuatu yang ia pegang dengan tangannya atau mengambil sesuatu dari tangannya.

Ibnu Shayyad berkata, “Wahai Abu Sa’id, ingin rasanya aku mengambil tali lantas kugantungkan pada pohon, lalu kucekik leherku karena kekesalan hatiku terhadap apa yang dikatakan banyak orang mengenai diriku bahwa aku adalah Dajjal.

Wahai Abu Sa’id, jika orang-orang merasa samar terhadap hadits Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam maka tidaklah ada kesamaran bagi kalian yang berasal dari kalangan Anshar. Bukankah engkau termasuk orang yang paling tahu tentang hadits Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam?

Bukankah Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam telah bersabda bahwa Dajjal itu mandul, tidak punya anak, sedangkan saya punya anak yang saya tinggal di Madinah?

Bukankah Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam telah bersabda bahwa Dajjal itu tidak bisa memasuki kota Madinah dan Makkah, sedang saya datang dari Madinah dan hendak menuju ke Makkah?”

Abu Sa’id mengatakan, “Begitulah, hingga aku hampir menerima alasannya.”

Kemudian Ibnu Shayyad berkata, “Ingatlah, demi Allah, sesungguhnya saya mengenalnya (Dajjal) dan mengetahui tempat kelahirannya, serta mengetahui di mana ia berada sekarang.”

Abu Sa’id berkata, “Saya katakan kepadanya, “Celakalah engkau pada hari-harimu.” (HR. Muslim)

Pendapat yang benar menurut para ulama, Ibnu Shayyad bukanlah Al-Masih Dajjal, akan tetapi dia adalah salah satu pendusta, dia memiliki jin dan setan yang memberitahukan segala sesuatu kepadanya.

Di masa-masa akhir hidupnya terjadi beberapa kejadian bersama Abu Sa’id dan orang lain, sehingga pada akhirnya dia bertaubat dan mengadakan perbaikan terhadap dirinya dengan melakukan amal-amal shalih. Wallahu Alam.

(Nihayatul Alam, Dr. Muhammad Al-Arifi)

author
No Response

Leave a reply "Ibnu Shayyad Adalah Dajjal? (3)"