Koleksi Buku dan Manuskrip Langka di Perpustakaan Masjid Nabawi

مكتبة-المسجد-البنوي-الشريف-زاد-معرفي-لطلبة-العلم

infoislami – Dibangun 84 tahun yang lalu, perpustakaan yang berada di kota Madinah Al-Munawarah ini menjadi salah satu tempat paling menonjol di komplek Masjid Nabawi. Sangat banyak buku dan manuskrip langka yang dikoleksinya, dengan tanggal wakaf yang jauh lebih tua daripada perpustakaan itu sendiri.

Perpustakaan Masjid Nabawi berdiri pada tahun 1352 H (1933 M) atas usulan direktur Badan Urusan Wakaf kota Madinah Al-Munawarah saat itu, As-Sayyid Ubaid Madani. Kini perpustakaan ini memiliki antara lain ruang baca, ruang manuskrip, ruang pustaka audio, ruang karya seni, ruang indeks dan katalog, ruang buku langka, serta ruang pustaka digital.

Penulis buku Khaza`in Al-Kutub Al-‘Arabiyyah (perbendaharaan kepustakaan Arab) mencatat bahwa sebelum peristiwa kebakaran Masjid Nabawi pada 13 Ramadhan 886 H (1481 M), perpustakaan ini pernah menjadi perbendaharaan bagi buku serta mushhaf yang sangat berharga dalam jumlah yang lebih besar.

Apabila pembaca berkunjung ke Tanah Suci, sangat disarankan untuk mampir ke perpustakaan ini. Apalagi jika Anda sedang mencari referensi/rujukan yang sulit ditemukan di mana-mana. Siapa tahu di sanalah tempatnya. (dgon/islamstory/infoislami)

author
No Response

Leave a reply "Koleksi Buku dan Manuskrip Langka di Perpustakaan Masjid Nabawi"