Buku Baru! Kronologi Sejarah Islam & Dunia

KSIinfoislami - Sesuai dengan judulnya, buku Kronologi Sejarah Islam & Dunia semata-mata mengurutkan peristiwa bersejarah di dunia Islam secara kronologis, ditambah dengan kejadian lain di dunia. Jarang–kalau tidak bisa dibilang tidak ada–buku yang menghimpun hampir semua peristiwa bersejarah yang terjadi selama 15 abad di dunia Islam seperti buku ini.

Lima belas abad tersebut adalah sejak 571 M, yakni tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW menurut kitab sirah Nabi yang terkenal, Nurul Yaqin, karya Syaikh Muhammad Hudhari Bik. Alasan memulai sejarah Islam dari kelahiran Nabi SAW adalah karena kebanyakan–kalau  tidak semua–buku sirah Nabi memulai pembahasannya dari kelahiran beliau. Tahun terakhir yang peristiwa bersejarahnya dihimpun buku ini adalah 2016. Pasalnya, meski mulai disusun 5 tahun silam, buku ini baru rampung pada Februari 2017. Mungkin hikmah kemoloran ini adalah ikut tercatatnya jamaah shalat Jumat terbanyak dalam sejarah–lebih dari sejuta orang–dalam Aksi Super Damai 212 (2 Desember 2016) di Jakarta dalam buku ini.

Yang membedakan buku ini dari buku sejarah Islam lainnya adalah kelengkapannya. Kebanyakan buku sejarah yang ada bersifat tematik. Misalnya, hanya tentang para khalifah, hanya seputar Walisongo, hanya perihal sejarah penyebaran Islam, hanya ihwal pertumbuhan dan perkembangan suatu sekte tertentu dalam Islam. Ada pula buku sejarah Islam yang memusatkan pembahasannya pada kawasan tertentu saja, misalnya Nusantara, Timur Tengah, Asia Kecil, Asia Tengah. Atau, negara tertentu, misalnya India, Spanyol. Atau skala yang lebih kecil, seperti provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Bali. Atau bahkan satu kota tertentu, seperti Al-Quds di Palestina, ataupun Kudus di Indonesia. Juga, ada buku sejarah Islam yang mengulas semata-mata satu entitas politik saja. Misalnya, buku tentang Khulafaur Rasyidin, sejak era Abu Bakar RA hingga Ali RA. Atau, kekhalifahan Dinasti Bani Umayah, Dinasti Bani Abbas, Dinasti Turki-Osmanli. Ada pula buku tentang sejarah Kesultanan Mataram, Aceh, Palembang, Kerajaan Arab Saudi, dan sebagainya. Buku sejarah Islam lainnya yang jamak adalah yang bersifat biografis. Hanya memaparkan perjalanan hidup dan sepak terjang seorang tokoh. Sirah Nabi Muhammad SAW adalah contohnya. Selain biografi tentang satu tokoh saja, ada pula buku yang memuat biografi beberapa tokoh sekaligus, misalnya Bunga Rampai dari Sejarah karya Mohamad Roem atau Usdul-ghabah fi ma’rifatish-shahabah.

Sebenarnya ada buku sejarah Islam lain yang mencoba lengkap. Misalnya, Sejarah Umat Islam-nya Buya Hamka, Sejarah Islam dan Umatnya karya Zainal Abidin Ahmad, Sejarah Islam-nya Ahmad Al-Usairy, Ensiklopedi Sejarah Islam karya Tim Riset Mesir, atau Buku Pintar Sejarah Islam-nya Qasim dan Saleh. Namun, keperluan merinci membuat semua buku itu belum selengkap-lengkapnya. Banyak tokoh dan peristiwa sejarah yang dilompati atau terlewatkan. Di sini timbul pertanyaan, mungkinkah buku sejarah Islam dibuat lengkap sekaligus rinci? Jawabannya, sangat mungkin. Tetapi pastilah menjadi tebal dan berjilid-jilid. Tengok saja Mausu’atut-Tarikhil-Islami-nya Mahmud Syakir yang terdiri atas 22 jilid! Atau, bayangkan saja 10 jilid Al-Bidayah wan-Nihayah-nya Ibnu Katsir dan 13 jilid Tarikh Ath-Thabari. Alhasil, kurang praktis dan terkesan berat. Nah, kehadiran buku Kronologi Sejarah Islam & Dunia menutupi celah itu. Buku berukuran kwarto setebal 530 halaman ini menyajikan hampir segala tema, negeri, dan semua tokoh yang mewarnai 15 abad sejarah Islam. Maka, buku ini layak disebut yang terlengkap, meskipun tidak rinci. Jadi, untuk menelusuri sejarah Islam, buku inilah yang paling praktis dan mudah.

Di lembaran  halaman buku ini, Anda akan melihat catatan tentang kelahiran seorang tokoh, kematiannya, penobatan seorang pemimpin, pencopotannya. Dan, apa yang sedang terjadi di tempat lain pada saat itu. Semua informasi itu sekaligus Anda temui tanpa susah payah, karena semuanya tercatat secara berurutan, sesuai zamannya. Juga, bangkit dan runtuhnya suatu pemerintahan Islam, bagaimana peradaban Islam mengalami suatu kemajuan atau meraih prestasi, serta proses kemunduran yang dialaminya. Semua itu tercatat berdampingan dengan peristiwa lain, sehingga memberi pembaca buku ini gambaran yang lebih utuh tentang suatu  masa. Jangankan peperangan, perjanjian damai pun terdokumentasikan dengan rapi dalam buku ini. Begitu pula halnya kesejahteraan, pembangunan, bahkan kerusuhan serta huru-hara. Singkat kata, warna-warni kejadian penting di dunia Islam diarsipkan dalam buku ini. Begitu pula aneka peristiwa lain di luar dunia Islam. Jadi, dengan membaca buku Kronologi Sejarah Islam & Dunia, Anda tidak hanya memahami sejarah peradaban Islam di seluruh kawasannya, tetapi sekaligus menengok aneka peristiwa lain di belahan dunia lain selama 15 abad terakhir. Demikianlah sifat lintas kawasan dan lintas peradaban yang dimiliki buku ini.

Kejadian lain di dunia yang dimaksud antara lain bencana alam, prestasi peradaban lain, sepak terjang tokoh besar nonislam, seperti Patih Gajah Mada, dan bermacam kebaikan ataupun keburukan yang terjadi di luar dunia Islam. Semua itu dimaksudkan sebagai penanda zaman sekaligus perbandingan antara peradaban Islam dan nonislam.

Mengintip perwajahan buku ini, setiap bab dibuka dengan menampilkan gambar icon abadnya. Misalnya, icon abad ke-15 yang sedang kita alami ini adalah Erdogan. Akhir setiap bab pun dihiasi dengan foto-foto relevan ihwal peristiwa bersejarah di dunia Islam ataupun kejadian lain di luar dunia Islam. Di awal bab ada sedikit pengantar tentang abad yang sedang dibahas. Di dalamnya penulis mengutip kata-kata mutiara icon abad tersebut, menjelaskan karakteristik abad itu, dan memberi cuplikan peristiwa di permulaan, pertengahan, dan akhir abad tersebut. Barulah setelah itu penulis menyajikan tabel urutan peristiwa bersejarah dan kejadian lain di dunia secara kronologis. Di akhir setiap bab, penulis memberikan catatan akhir guna menjelaskan lebih jauh tentang suatu peristiwa bersejarah ataupun kejadian lain. Satu hal lain yang kian membuat buku ini praktis dan mudah adalah adanya indeks di halaman-halaman terakhir buku ini. Dengannya, pembaca bisa menelusuri buku ini dan mencari informasi yang diperlukannya dengan cepat.

Dengan segala kelebihan dan kemudahan tersebut, rupanya inilah buku yang selama ini dinantikan para penikmat sejarah Islam secara umum dan para pengkaji Sejarah Peradaban Islam (SPI) secara khusus. Tidak hanya menjadi referensi bagi peneliti dan penulis, buku ini akan sangat berguna bagi pengarang fiksi berlatar sejarah. Dengan memiliki buku ini, 15 abad sejarah Islam seolah ada di genggaman Anda.[]

author
No Response

Leave a reply "Buku Baru! Kronologi Sejarah Islam & Dunia"