Lomba Baca Kitab Kuning dan Pengkaderan Ulama 

fathul muin

infoislami - Ada respon yang sangat menggembirakan dari kalangan pondok pesantren terhadap lomba baca kitab kuning yang diadakan PKS, mereka antusias dan berharap diadakan tiap tahun, walau dibalik antusias mereka ada juga yang khawatir konsituen Partainya banyak yang pindah ke PKS.

Terlepas dari pro kontra, yang jelas lomba baca kitab kuning ini menyemangati kalangan pesantren untuk tetap mengajarkan kitab kuning pada santri santrinya, yang belakangan nyaris tanpa ada yang menghargai seperti yang diadakan PKS ini.

PKS memang selalu menyemangati ummat ini dengan kebaikan, antumurruhul jadid fi jasadi hadzihilummah

Tapi ada kesedihan di balik lomba baca kitab kuning ini

Ada kesedihan ketika di evaluasi para peserta di berbagai daerah  jarang ditemukan  putra putri kader partai ini sebagai utusan (artikel di tulis sebelum final di tingkat pusat), padahal tidak sedikit mereka juga belajar di pesantren, walaupun mungkin mayoritas pesantren yang jadi Tempat belajar para putra kader itu tidak memberikan waktu yang cukup untuk para santri belajar kitab kuning, dengan banyak pertimbangan tentunya.

Sepekan sebelum pelaksanaan tingkat propinsi saya ditanya seorang putra kader jebolan pesantren, apakah fathul muin itu kitab hadits? Saya jawab itu kitab fiqh, dalam hati saya sedih jangan jangan pertanyaan itu sebagai bukti putra putri kita tidak kenal kitab kuning walau sekedar Nama dan bidang apa, selanjutnya  akankah kitab fathul muin (kitab kuning) diajarkan juga pada internal atau paling tidak di pesantren - pesantren yang di kelola kader?
Waktu yang akan menjawab apakah kita hanya penonton atau pemain dalam mencetak para ulama yang identik dengan penguasaan bidang kitab kuning ini.

KH. Anang Hidayaturohman, Lc. (Mudir Pesantren Al-Muaawanah)

KH. Anang Hidayaturohman, Lc.
(Mudir Pesantren Al-Muaawanah)

_____________

informasi pendaftaran pesantren Al-Muaawanah silahkan klik : http://almuaawanah.or.id/

author
No Response

Leave a reply "Lomba Baca Kitab Kuning dan Pengkaderan Ulama "