Maroko bangun pembangkit listrik tenaga surya raksasa

Deretan kaca melengkung menyerap tenaga matahari

Deretan kaca melengkung menyerap tenaga matahari

infoislami - Pembangkit listrik tenaga surya di Ouarzazate ditarget akan menghasilkan listrik cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 20 jam per hari tetapi pada awalnya hanya tiga jam.

Proyek yang dibangun oleh Arab Saudi ini akan memanfaatkan panas matahari untuk melelehkan garam dan kemudian menyimpan panas tersebut guna menggerakkan turbin uap di malam hari.

Pada tahap awal proyek pembangkit listrik tenaga surya ditargetkan menghasilkan listrik selama tiga jam setelah malam tiba. Namun tahap akhir diharapkan akan mampu menyuplai listrik selama 20 jam per hari.

Jika sudah rampung seluruhnya, pembangkit Ouarzazate akan tercatat sebagai salah satu pembangkit tenaga matahari terbesar di dunia.

Kaca-kaca penyerap matahari memenuhi lahan yang luasnya sama dengan luas ibu kota Maroko, Rabat.

Tanki
Image captionGaram yang meleleh di wadah penimbun ini menyimpan panas di malam hari.

"Baik sebagai insinyur atau bukan, semua orang yang lewat dibuat kagum oleh pembangkit ini," kata Paddy Padmanathan dari perusahaan Arab Saudi ACWA Power, yang menjalankan proyek panas matahari tersebut.

Proyek ini menjadi bagian dari tekad Maroko untuk menyediakan 42% listriknya dari sumber-sumber terbarukan sebelum 2020. (bbc)

author
No Response

Leave a reply "Maroko bangun pembangkit listrik tenaga surya raksasa"