Masjid Agung Jawa Tengah bergaya arsitektur Islam, jawa dan romawi

masjid agung jwa tengah atas2InfoIslami - Masjid Agung Jawa Tengah adalah yang terbesar dan termegah serta merupakan ikon dan kebanggaan masyarakat diprovinsi Jawa Tengah. Masjid ini juga merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia.

Masjid megah ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia periode 2004-2009, Susilo Bambang Yudhoyono dengan menandatangani prasasti yang terbuat dari batu alam setinggi 3,2 meter dan berat 7,8 ton. Batu alam ini didatangkan dari lereng Gunung Merapi.

masjid agung jwa tengahMasjid Agung Jawa Tengah dirancang dalam gaya arsitektural campuran Jawa, Islam dan Romawi yang Diarsiteki oleh Ir. H. Ahmad Fanani. Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa namun dibagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter ditambah lagi dengan 4 menara masing masing setinggi 62 meter ditiap penjuru atapnya sebagai bentuk bangunan masjid universal Islam lengkap dengan satu menara terpisah dari bangunan masjid setinggi 99 meter.

 

MASJID_AGUNG_JAWA_TENGAH_0112Gaya Romawi terlihat dari bangunan 25 pilar dipelataran masjid. Pilar pilar bergaya koloseum Athena di Romawi dihiasi kaligrafi kaligrafi yang indah, menyimbolkan 25 Nabi dan Rosul, di gerbang ditulis dua kalimat syahadat, pada bidang datar tertulis huruf Arab Melayu “Sucining Guno Gapuraning Gusti“.

untitled-6Menara pun berfungsi sebagai destinasi wisata religi. Selain udara yang segar, teropong di menara memanjakan pengunjung sehingga mereka dapat menikmati pemandangan indah kota Semarang dan kapal-kapal di pelabuhan Tanjung Emas.
Di plaza masjid terdapat banner bertuliskan Gerbang Al-Qanathir yang berarti megah dan bernilai. Di sini terdapat 25 tiang Al-Qanathir sebagai simbol 25 rasul yang membentuk satu lengkungan melingkari plaza.

11133186035_ec53d01e86_bMelangkah ke bagian dalam, akan tampak pintu bergaya khas Jawa. Setelah melewati pintu, terlihat ruang yang sangat luas dan megah didominasi warna cokelat muda pada lantai dan aksen kayu berwarna hijau pada atap bagian dalam.

Mihrab masjid terlihat anggun dengan pigura yang terbuat dari ukiran kayu. Bagian mimbar berasal dari dinding yang sengaja dibuka dengan memberikan ruang di dalamnya untuk tempat khatib berkhotbah. Lampu gantung berbentuk lingkaran yang cenderung minimalis menimbulkan kesan keanggunan dan kebersahajaan.

masjid agung jwa terbukaSalah satu ciri khas masjid ini adalah enam buah payung hidrolik raksasa yang berada di teras masjid. Payung yang dapat membuka dan menutup secara otomatis ini mengadopsi model yang terdapat di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Dengan tinggi masing-masing 20 meter dan bentangan hingga 14 meter, payung ini berfungsi sebagai atap kala jumlah jamaah tengah meluap.

Di samping sebagai tempat ibadah dan syiar agama, Masjid Agung Jawa Tengah merupakan objek wisata, khususnya wisata religi. Banyaknya orang yang berkunjung pun memberi dampak nyata terhadap perkembangan ekonomi masyarakat sekitar. (NOK/InfoIslami)

 

Sumber:

- 100 Masjid Terindah Indonesia

- id.wikipedia.org

author
No Response

Leave a reply "Masjid Agung Jawa Tengah bergaya arsitektur Islam, jawa dan romawi"