Mengelola Majelis Taklim

No comment 401 views

22infoislami - Mengelola Majelis Taklim

@by Komiruddin Imron

 

"Maaf ustadz, jamaah nya sedikit. Maklum, masing punya kesibukan" Kata Ardi, pengurus masjid Alfurqan sesaat setelah taklim ba'da isya berakhir.

 

Ya, Malam itu yang hadir pengajian bisa dihitung dengan jari.

 

"Tapi masyarakat tahu kalau malam ini ada pengajian? " tanya ustadz Munawwar menyelidik

 

" Ya tahu ustadz. Sudah kita umumkan, dan jamaah  masjid sudah sepakat"  jawab Ardi.

 

"Kalau jamaah mau ramai, maka harus ada rekayasa. Tidak cukup hanya pengumumum"  Kata ustadz Munawwar.

 

"Rekayasa bagaimana ustadz? Selah Ardi.

 

"Pertama, bentuk tim yang bekerja untuk mensukseskan program ini  dengan melibatkan pengurus masjid. Agar pengurus juga merasa bahwa ini bagian dari program masjid yang harus ia sukseskan.  Tim itulah yang membuat rencana kerja selama satu semester atau setahun, menentukan siapa saja ustadz yang akan dilibatkan, materinya apa saja dan berapa dana yang dibutuhkan.

 

Kedua  cari data penduduk yang ada di sekitar masjid, nama, umur dan pekerjaannya. Apakah mereka sudah terbiasa ke masjid atau sesekali saja.

 

Ketiga, buat pamplet yang ditempel di papan pengumam masjid bahwa di masjid ini ada kegiatan pengajian. Perbaharui setiap pekan.

 

Keempat, buat undangan tertulis untuk masing masing warga setiap  akan ada pengajian. Sampaikan undangan itu satu hari sebelumnya.

 

Kelima, buat suasana yang  menyenangkan sehingga orang rindu hadir di majelis tersebut. Misalnya, ruang yang sejuk, sound yang jelas dan servis yang baik dengan menyiapkan minuman hangat dan temannya, walau hanya singkong goreng, misalnya

 

"Begitu ya ustadz. " tanya Ardi.

 

"Ya begitu. Orang kalau mau jualan aja begitu. ada rencana dan target. Nah ini yang kita pasarkan dinul islam, ajaran Allah. Tentu lebih pantas kalau kita kemas dan rencanakan sebaik-baiknya" Tutup ustadz sambil berdiri siap siap meninggalkan masjid. Malam semakin larut ditemani gerimis kecil mengiringi kepulangan jamaah menuju rumah masing masing.

 

Natar 14/04/2016

Ust. H. Komiruddin Imron, Lc

Ust. H. Komiruddin Imron, Lc

author
No Response

Leave a reply "Mengelola Majelis Taklim"