Menjadi Cerdas Dengan Tilawah Al-Qur’an

tilawahinfoislami - Tahukah anda bahwa bacaan ayat-ayat al-Qur'an bisa membuat kita cerdas..?! Bisa anda rasakan sendiri saat membacanya..Ketika tilawah apa yang anda rasakan saat itu?!

Saya sendiri juga sempat merasakannya, alhamdulillah. Tentu ini bukan seorang atau beberapa orang saja mengalaminya. Siapa saja bisa menikmatinya. Tentu bukan sekedar omongan dan pengakuan belaka.

Anda ingin membuktikannya?! Silahkan baca beberapa ayat dalam al-Qur'an. Lalu baca terjemahannya sambil meresapinya dalam-dalam. Insya Allah hasil dari penghayatan dan peresapan itu akan memberikan bekas pada jiwa anda.

Hati, jiwa dan pikiran anda akan 'dipaksa' memahami kandungan maknanya yang sangat dalam. Misalnya ayat-ayat yang menceritakan tentang penciptaan langit dan bumi..Ayat-ayat yang sangat mengagumkan itu pasti akan mengajak kita untuk berpikir tentang hakikat ciptaan Allah yang maha luas dan hebat ini.

Kita akan dibuat takjub olehnya. Oleh kebesaran ilahi, keagungan Zat Allah yang tiada batas. Tentang luasnya alam semesta yang tiada bertepi..Tentang hakikat adanya 2 matahari dan banyak matahari di alam semesta ini..(seperti yang disinggung dalam surat al-Muzzammil: 90 dan ar-Rahman: 17)

Kita akan diajak berpikir untuk mengingat-ingat awal mula terjadinya bing bang (ledakan besar) yang menandai dimulainya kehidupan ini dahulu kala...Sampai saat terhentinya alam semesta ini dengan cara digulung oleh Allah bagaikan kertas yang dilipat sampai menjadi kecil..(seperti dalam surat al-Anbiya: 104)

Nah, sobat sekalian..Sudah barang tentu kecerdasan yang kita peroleh dari bacaan ayat-ayat al-Qur'an ini melalui proses yang matang sebelum memulainya. Yakni, menghadirkan kebersihan jiwa dah hati dari hawa nafsu, membuang jauh-jauh pikiran yang kotor dan berlepas diri dari dorongan godaan syetan (seperti yang disebutkan dalam banyak tafsir tentang tatacara memahami al-Qur'an)..

Insya Allah, saya dan anda bisa membuktikan bahwa untuk membuat diri kita cerdas secara jiwa dan emosional lebih mudah diperoleh melalui sentuhan ayat-ayat Allah..Tanpa harus bersusah payah mengadopsi sistem dan ajaran yang dianut oleh Barat.

Itu bisa kita lakukan setiap saat, setiap waktu dan kapan saja...mengingat diri kita sangat butuh sentuhan al-Qur'an dalam hidup ini untuk mengimbangi menghadapi kerasnya dorongan keduniaan.. Wallahu a'lam.

(Hidayatullah Hamim/muntadaquran)

author
No Response

Leave a reply "Menjadi Cerdas Dengan Tilawah Al-Qur’an"