Raja Salman Copot Menteri Pendidikan, Karena Melarang Buku Ikhwan?

menteri-pendidikan-saudi-2infoislami - Riyadh – Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman Bin Abdulaziz mengeluarkan 12 perintah kerajaan pada Jumat malam dengan mencopot beberapa pejabat, Saudi Press Agency (SPA) melaporkan (11/12/2015).

Yang mengejutkan dalam perintah kerajaan tersebut, Menteri Pendidikan Dr Azzam Muhammad Al-Dakheel dicopot dari jabatannya dan diganti dengan Dr. Ahmed Muhammad Ahmed Al-Isa sebagai menteri baru pendidikan.

Beberapa kalangan menduga pencopotan tersebut terkait kebijakan Al-Dakheel beberapa waktu lalu yang melarang beredarnya 80 buku Ikhwan di Saudi termasuk karya Hassan Al-Banna, Sayyid Qutb dan Yusuf Al-Qaradawi, Abu Al A’la Al Maududi, Abdul Qadir Audah, Musthafa As Siba’i, Hasan At Turabi dan Salman Audah.

Disamping itu, Raja Salman juga mengganti pejabat lainnya.

Dr Saleh Abdulrahman Saad Al-Shehaib, wakil menteri layanan sipil diganti dengan Abdullah Ali Muhammad Malfi.

Dr Tawfiq Abdulaziz Al-Sudairi diangkat wakil menteri Urusan Islam, wakaf, Dakwah dan bimbingan untuk masjid, sementara  Dr Ali Nasser Ali Al-Ghafees, Gubernur Pelatihan Teknis dan Kejuruan Corporation (TVTC), diganti dengan  Dr. Ahmed Fahd Ibrahim Al-Fehaid.

Raja juga menunjuk Dr. Abdulaziz Salim Muhammad Al-Ruwais sebagai gubernur Komisi Komunikasi dan Teknologi Informasi (CITC).

Selanjutnya Muhammad Khaled Muhammad Al-Suwaikit presiden umum dari Saudi Railways Organization (SRO) diantikan oleh Dr Rumaih Muhammad Al-Rumaih.

Dr Ali Nasser Al-Ghafees, Abdullah Abdulaziz Al-Darrab dan Dr Saleh Abdulrahman Al-Shehaib ditunjuk sebagai anggota Dewan Syura..

Dr. Jamaan Rasheed Abdulmajeed Bin Ragoosh sebagai Kepala UniversitasPangeran Naif untuk lmu Keamanan.

Raja menunjuk Fahd Muhammad Abdullah Bin Hidayyan sebagai Penasihat  di Kementerian Dalam Negeri, sementara urutan kesepuluh Raja menunjuk Muhammad Abdullah Saleh Al-Ameel sebagai sekretaris umum untuk Komite Jenderal Dewan Menteri.

Perintah lain kerajaan menunjuk Saud Abdullah Al-Qahtani sebagai penasihat di istana dengan pangkat menteri, dan urutan kedua belas kerajaan ditunjuk Dr Azzam Muhammad Al-Dakheel sebagai penasihat di istana dengan pangkat menteri. 

author
No Response

Leave a reply "Raja Salman Copot Menteri Pendidikan, Karena Melarang Buku Ikhwan?"