Renovasi Hemat Rumah Mungil Sesuai Syariat Islam

InfoIslami - Renovasi Hemat Rumah Mungil Sesuai Syariat Islam

Assalaamu’alaikum wrwb

Ust. Andan Nadriasta di infoislami.co.id , senang sekali dapat melihat tampilan infoislami yang lengkap. Ditambah dengan artikel arsitektur. Saya ingin bertanya mengenai rumah saya. Karena ada rencana menambah kamar tidur dan beberapa ruang lagi.

Senang kiranya jika Ust. Andan juga dapat berkenan melihat rumah kami. Bangunan asli sudah 2 lantai. Rencananya kami ingin menambah 1 kamar tidur utama yang cukup luas dan area cuci jemur beserta ruang pelayan dan gudangnya.

Lalu carport juga saya ingin perbaiki sekaligus membuat tampak muka lebih baik lagi. Demikian pertanyaan kami, terima kasih kepada tim redaksi infoislami yang telah bersedia memfasilitasi.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Ari - Tangerang

Berikut saya lampirkan denah awal bangunan rumah kami :

ARI - BSD denah awal

ARI - BSD denah awal lt 2

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Ari di Tangerang, beserta teman – teman netters infoislami , Alhamdulillah melalui media ini saya bisa berbagi ilmu dan tips praktis yang bisa bermanfaat dalam mewujudkan baiti jannati. Semoga bisa menjadi ladang amal saleh sekaligus arena mencari ma’isyah yang berkah.

Pak Ari, setelah saya pelajari denah lantai 1, maka saya berpendapat service area yang lama sudah tidak tepat lagi berada di bawah. Karena ia akan mengganggu pola aktivitas keluarga dan pandangan menjadi kurang lepas. Untuk itu area ini segera saya pindahkan ke atas.

ARI - BSD denah renovasi lt dasar

Ruang belakang menjadi ruang tidur utama dengan tetap memanfaatkan kamat mandi lama dan dinding ruang pelayan yang lama. Lalu teras samping saya buat menghadap taman hingga ruang keluarga dan ruang makan terasa nyaman dan segar. Menghadap hijau nya taman yang indah.

dapur saya alihkan ke depan. Hingga rumah ini menjadi memiliki 2 pintu masuk. Dengan cara memotong taman lama yang berbentuk gang. Dan juga memotong kamar mandi lama yang ada di bawah tangga. Hingga dengan pola pemotongan yang tepat ini kita akan memperoleh alternatif pintu masuk.

Kini kita beralih ke lantai 2, dengan fokus area di depan. Tepat di atas carport. Menaungi mobil dan motor di bawahnya. Menambah bangunan namun tidak membongkar rumah lama. Hanya sekedar menempelkan service area yang sekaligus berfungsi menjadi fasad bangunan yang cantik.

ARI - BSD denah renovasi lt atas

Ruang cuci jemur tetap tersamar, karena ada tembok penghalang dan pet beton yang menjadi fokus tampilan muka. Jadi tetap tidak nampak cucian dan jemuran dari jalanan. Aurat keluarga tetap terjaga. Namun tampilan bangunan juga tetap cantik, bahkan lebih indah dari sebelumnya.

Pola ini sangat hemat. Karena jika belum ada dana, bisa ditunda dulu pengerjaan area ini. Bisa dibuat rumah tumbuh. Karena dana awal sementara dapat kita gunakan untuk pembangunan lantai satu dulu yang lebih penting. Nah, setelah kita pahami pola denahnya, mari kita lihat tampilan muka rumah ini.

ARI - DESAIN 1 - VIEW 4

Menarik bukan ? Atap lama rumah yang miring ke belakang tidak saya bongkar. Justru bangunan barunya saya coba ikuti pola atap miringnya. Hingga kesan kaku bangunan lama yang tampil terlalu polos justru tambah menarik. Ditambah dengan carport portal batu alam yang menarik, ia tampil semakin menawan.

ARI - DESAIN 1 - VIEW 2

Ini sisi kanan bangunan. Tetap saja menarik. Karena sudah ada pola fasad yang jelas. Teras tamu yang cantik siap menerima tamu dengan ramah. Pintu samping rumah siap menerima tukang gas dengan aman. Dan pintu utama siap menyambut penghuni rumah.

ARI - DESAIN 1 - VIEW 5

Terakhir, halaman belakang . Rumah ini tetap memiliki teras yang nyaman dengan taman yang cukup lega. Hawa mengalir dari area ini. Hujan rintik rintik dapat dinikmati. Mentari pagi yang hangat dapat juga menyegarkan dan menyehatkan.

Netters infoislami yang saya hormati, rumah sesuai syariat Islam tampil dengan 2 pintu masuk. Hingga jika ada tamu, kita masih memiliki pintu samping untuk masuk ke dalam rumah. Lalu area pembantu yang bukan muhrim terpisah. Hingga masing - masing memiliki privasi yang jelas.

Untuk tampilan muka saya lebih meninjau 'urf setempat. Budaya lokal yang diakomodir. Termasuk trend desain yang berlaku. Kali ini minimalis yang masih berkibar. Hingga saya pakai pola eksteriornya minimalis yang juga mengikuti pola bangunan lama.

Alhamdulillah. selesai sudah desain kita kali ini. Semoga bermanfaat. Semoga Pak Ari sekeluarga di beri kemudahan dalam mencari rizki Allah yang halalan thoyiban. Hingga rumah idaman ini dapat segera terwujud. Terima kasih pula kepada Pak Ari atas perkenannya silaturahim ke rumah di Tangerang. Semoga ukhuwah kita senantiasa terbina. Akhirul kalam,

Wassalaamu'alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST - 0817 496 5742

Kirimkan email pertanyaan /order desain/pelaksanaan ke : andanarsitek@gmail.com

andan-picture - infoislami

author
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi. Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami dan Masjid, serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.
No Response

Leave a reply "Renovasi Hemat Rumah Mungil Sesuai Syariat Islam"