SBY bantah Jokowi yang sebut Indonesia masih berhutang ke IMF

sbyjokowi3Infoislami - Pernyataan Jokowi yang menyebut kalau Indonesia masih punya utang ke IMF dibantah oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SBY menyebut kalau utang Indonesia ke IMF sudah dilunasi pada tahun 2006 lalu.“Saya terpaksa menanggapi dan mengoreksi pernyataan Presiden Jokowi menyangkut utang Indonesia ke IMF.
Kemarin, tanggal 27 April 2015 (di sebuah media massa) yang intinya adalah Indonesia masih pinjam uang sama IMF.Berarti kita masih punya utang kepada IMF. Maaf, demi tegaknya kebenaran, saya harus mengatakan bahwa seluruh utang Indonesia kepada IMF sudah kita lunasi pada tahun 2006 yang lalu.
Keseluruhan utang Indonesia terhadap IMF adalah USD 9,1 miliar, jika dengan nilai tukar sekarang setara dengan Rp 117 triliun, dan pembayaran terakhirnya kita lunasi pada tahun 2006, atau 4 tahun lebih cepat dari jadwal yang ada. Sejak itu kita tidak lagi jadi pasien IMF,” jelas SBY melalui Facebook, Selasa (28/4/2015).
Memang diakui oleh SBY kalau Indonesia masih punya hutang, namun hutang tersebut bukan pada IMF melainkan pada negara-negara lain. Utang tersebut merupakan peninggalan zaman Presiden Soekarno.“kalau yang dimaksudkan Pak Jokowi bahwa kita masih punya utang kepada IMF, hal itu jelas keliru.
Kalau hal ini tidak saya luruskan dan koreksi, dikira saya yang berbohong kepada rakyat, karena sejak tahun 2006 sudah beberapa kali saya sampaikan bahwa Indonesia tidak berhutang lagi kepada IMF. Rakyat pun senang mendengarnya.
Saya yakin Pak Jokowi yang waktu itu sudah bersama-sama saya di pemerintahan, sebagai Walikota Surakarta, pasti mengetahui kebijakan dan tindakan yang saya ambil selaku Presiden,” tegas SBY. (fimadani/NOK/Infoislami)
Tags:
author
No Response

Leave a reply "SBY bantah Jokowi yang sebut Indonesia masih berhutang ke IMF"