Tiga Serdadu Zionis Israel di Penjara Hamas

Shaul Aron. salah satu serdadu Israel yang ditawan Hamas

Shaul Aron. salah satu serdadu Israel yang ditawan Hamas

infoislami - Saat ini media massa sedang ramai membicarakan adanya serdadu Israel di penjara Hamas. Berita itu banyak mereka-reka. Statemen dua pihak dari elit politik Hamas dan Israel. Hamas menyatakan, bahwa tawanan Palestina di penjara Israel harus tenang sebab pembebasan agar segera tiba. Sementara Israel membantah bahwa tak ada serdadu Israel yang ditawan. Jumlah serdadu yang ada di tim di saat saat itu lengkap dan tak ada yang diculik. Kemudian Hamas membatah lagi, Israel harus memastikan berapa jumlah pasukan mereka dan bagaimana nasib serdadu mereka yang hilang saat terjadi bentrokan dengan Hamas dalam agresi terakhir di Jalur Gaza.

Sekali lagi masih banyak pihak yang mereka-reka. Sebab Hamas dan Brigade Al-Qassam menempuh strategi baru dengan ingin melakukan perundingan pertukaran tawanan dimana setiap informasi yang diungkapkan harus ada kompensasi. Ini yang dipahami Israel.

Dalam waktu dekat mungkin isu ini akan terus mencuat. Penjelasan dari Hamas akan menarik perhatian media massa Israel. Media massa Israel itu juga akan menjadiaknya sebagai kritikan bagi pemerintah mereka. Mereka akan mempertanyakan kisah sebenarnya tentang penyanderaan pasukan Israel.

Jika ternyata ada penyanderaan serdadu Israel di Hamas, maka perundingan antara dua pihak akan pelik. Apalagi setelah hubungan Hamas dan mediator Mesir rusak. Yordania yang digadang-gadang akan menjadi kandidat dalam mediator perundingan ini. Yordania akan memanfaatkan peluang ini sebagai bargaining membebaskan tawanan mereka dari penjara Israel.

Dua pekan lalu, sebagian media massa memperkirakan akan terungkap informasi dari Hamas soal keberadaan serdadu Israel yang disandera. Informasi ini didasarkan kepada statemen Mushir Mishri (jubir Hamas) dan lainnya. Namun prediksi ini tidak terjadi. Maka kepastian informasi ini atau penafiannya tetap tergantung kepada Israel dan responnya yang hingga ini tidak jelas juga. Kecuali hanya media Israel saja. Sejumlah politikus dan aktivis media Israel memperkirakan, media massa Israel tidak berbuat apa-apa sebelum pemerintah dibentuk oleh Netanyahu. Diperkirakan, persoalan serdadu yang disandera Hamas akan menjadi masalah pertama paling rumit yang dihadapi oleh Netanyahu dan pemerintahannya di masa mendatang.

Informasi yang berkembang saat ini ada tiga serdadu Israel yang disandera oleh Hamas. Namun tak ada rincian akan hal itu, hanya harapan jumlah mereka sampai 30 orang. (Ibrahim Abdul Majid Al-Qiisi).  (pip/th/infoislami)

 

author
No Response

Leave a reply "Tiga Serdadu Zionis Israel di Penjara Hamas"